Monday, April 6, 2015

KONSEP DASAR MANAJEMEN PESERTA DIDIK


Moh.kamilus zaman SPd.I

KONSEP DASAR MANAJEMEN PESERTA DIDIK
Pengertian Manajemen Peserta Didik
Manajemen peserta didik adalah usaha atau bagaimana mengatur peserta didik (murid) dari semenjak mereka masuk sekolah (mendaftar sekolah) hingga mereka lulus sekolah. Adapun Knezevich (1961) mengartikan manajemen peserta didik atau pupil personnel administration sebagai suatu layanan yang memusatkan perhatian pada pengaturan, pengawasan dan layanan siswa di kelas dan di luar kelas seperti: pengenalan, pendaftaran, layanan individual seperti pengembangan keseluruhan kemampuan, minat, kebutuhan sampai ia matang di sekolah.
Peserta didik pada dasarnya memiliki kesamaan-kesamaan, yang mana dari kesamaan-kesamaan inilah muncul sebuah system layanan sekolah. Sehingga tiap-tiap peserta didik nantinya akan mendapatkan pelayanan yang sama akan hak-hak mereka.
Namun, pada praktiknya ada beberapa pihak yang menggugat system persamaan dalam layanan ini. Mereka (yang menggugat) melihat dari sisi psikologis bahwa sebenarnya masing-masing individu adalah berbeda sehingga harus dibedakan pula pelayanan bagi masing-masing peserta didik.
Tujuan dan Fungsi manajemen peserta didik
Manajemen peserta didik bertujuan untuk mengatur kegiatan-kegiatan peserta didik agar dapat menunjang proses belajar mengajar sehingga tujuan dari sebuah pendidikan dapat tercapai.
Adapaun tujuan khusus manajemen peserta didik adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan psikomotor peserta didik.
  2. Menyalurkan dan mengembangkan kemampuan umum (kecerdasan), bakat dan minat peserta didik.
  3. Menyalurkan aspirasi, harapan dan memenuhi kebutuhan peserta didik.
  4. Dengan terpenuhinya 1, 2, dan 3 di atas diharapkan peserta didik dapat mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan hidup yang lebih lanjut dapat belajar dengan baik dan tercapai cita-cita mereka.
Sedangkan fungsi dari manajemen peserta didik adalah sebagai sarana bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi diri mereka seoptimal mungkin dari berbagai segi baik dari segi individualitasnya, segi sosialnya, segi aspirasinya, segi kebutuhannya dan segi-segi potensi peserta didik lainnya.
Prinsip-Prinsip Manajemen Peserta Didik
1.      Manajemen peserta didik dipandang sebagai bagian dari keseluruhan manajemen sekolah.
2.      Segala bentuk kegiatan manajemen peserta didik haruslah mengemban misi pendidikan dan dalam rangka mendidik para peserta didik.
3.      Kegiatan-kegiatan manajemen peserta didik haruslah diupayakan untuk mempersatukan peserta didik yang mempunyai aneka ragam latar belakang dan punya banyak perbedaan.
4.      Kegiatan manajemen peserta didik haruslah dipandang sebagai upaya pengaturan terhadap pembimbingan peserta didik.
5.      Kegiatan manajemen peserta didik haruslah mendorong dan memacu kemandirian peserta didik.
6.      Apa yang diberikan kepada peserta didik dan yang selalu diupayakan oleh kegiatan manajemen peserta didik haruslah fungsional bagi kehidupan peserta didik baik di sekolah lebih-lebih di masa depan.
Pendekatan Manajemen peserta didik
Pendekatan yang digunakan ada 2 macam, yaitu pendekatan pendekatan kuantitatif yang menitik beratkan pada aspek-aspek administrasi dan birokrasi lembaga tempat peserta didik tersebut belajar. Dan pendekatan kualitatif yang lebih memperhatikan masalah kesejahteraan peserta didik.
Dalam praktiknya, usaha yang dilakukan adalah mengambil jalan tengah dari kedua pendekatan ini. Di mana peserta didik diminta untuk memenuhi tuntutan-tuntutan birokratik dan administratif sekolah di satu pihak, tetapi di sisi lain sekolah juga menawarkan insentif-insentif lain yang dapat memenuhi kebutuhan dan kesejahteraannya.

No comments:

Post a Comment